Disdukcapil Kota Jayapura klaim pelayanan online efektif di masa pandemi Covid-19

Papua-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura, Raymond Mandibondibo
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura, Raymond Mandibondibo - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura, Raymond Mandibondibo, mengaku pelayanan dokumen kependudukan di masa pandemi Covid-19 semakin meningkat dibanding sebelum pandemi.

“Justru dengan pelayanan online, warga yang mengajukan berkas sangat banyak karena warga tidak dibatasi dengan nomor antrean,” ujar Raymond di Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (24/2/2022).

Read More

Meski tidak disebutkan secara detail jumlah warga yang melakukan pelayanan online melalui aplikasi kependudukan yang disebut Pace Dukcapil, Raymond mengaku, peningkatan atau antusias warga mengalami peningkatan signifikan.

“Paling banyak mengubah alamat di KTP, pengurusan KTP, pengurusan Kartu Keluarga [pergantian yang hilang dan rusak], Kartu Identitas Anak. Pelayanan online memudahkan warga,” ujar Mandibondibo.

Dikatakan Mandibondibo, pelayanan online sehingga memudahkan warga, yaitu tidak perlu antre di Kantor Dukcapil Kota Jayapura, namun hanya menguploap berkas-berkas yang dokumen yang diurus.

Setelah diproses, lanjut Mandibondibo, tinggal mengecek proses berhasil melalui aplikasi, dan akan mendapatkan PIN dan barcode melalui nomor handphone dan email, kemudia diantar ke Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) untuk mencetak sendiri.

“Jadi, bisa cetak sendiri. Pelayanan online juga menghindarkan warga dari kerumunan di kantor sehingga mencegah terpapar virus korona. Saya berharap warga semakin banyak yang memanfaatkan pelayanan online,” ujar Mandibondibo.

Baca juga: Wali Kota Jayapura: Nikah massal untuk membahagiakan warga

Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Frans Pekey mengatakan, di masa pandemi Covid-19 menuntut pemerintah untuk melakukan terobosan dalam pelayanan publik sehingga memudahkan warga sesuai kebutuhan masing-masing.

“Berpikir kreati, inovatif, cepat, tepat, dan transparan sehingga warga merasakan kehadiran pemerintah di tengah-tengah mereka dalam memberikan solusi dari setiap kebutuhan yang diinginkan,” ujar Pekey.

Pekey berharap dengan semakin banyaknya warga yang memanfaatkan pelayanan online, menandakan Kota Jayapura semakin maju dan berkembang dalam hal pelayanan kepada masyarakat.

“Pemerintah adalah tugasnya melayani, maka sudah sepantasnya memberikan yang terbaik. Saya juga berharap agar terus dilakukan sosialisasi dan edukasi kepada warga agar semakin paham dengan pelayanan online khususnya di Dinas Kependudukan,” ujar Pekey.

Pekey menambahkan agar warga tetap mematuhi protokol kesehatan karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, seperti menjaga kesehatan, rajin berolahraga, makan makanan bergizi, memakai masker, dan menjaga jarak. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Related posts

Leave a Reply