Inovasi layanan publik Pemkot Jayapura di tengah pandemi Covid-19

papua-pelayanan-disdukcapil-kota-jayapura
Warga sedang menunggu giliran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kota Jayapura, Provinsi Papua - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Guncangan dampak pandemi Covid-19 juga sangat dirasakan jajaran pemerintahan. Akses pelayanan publik dihadapkan pada tantangan tetap menjaga kualitas tata kelola pemerintahan yang prima dan optimal berdasarkan protokol kesehatan.

“Untuk itu kami memiliki inovasi dalam pelayanan publik dengan percepatan proses pelayanan online agar pelayanan pemerintahan tetap jalan, seperti di kelurahan, distrik, dan organisasi perangkat daerah diaktifkan,” ujar Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, di Kantor Wali Kota Jayapura, Provinsi Papua, Senin (19/10/2020).

Read More

Menurut Rustan, meski ada aparatur sipil negara (ASN) yang terpapar Covid-19, seperti di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Dinas Pendidikan, namun pelayanan tetap dilaksanakan meski sebagian pegawai melaksanakan pekerjaannya secara work from home atau WFH.

“Kami memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat supaya warga puas dengan pelayanan yang kami lakukan. Namun, di sisi lain juga tetap harus memperhatikan aspek keselamatan penyedia dan pengguna layanan melalui penerapan sosial distancing dan physical distancing,” ujar Rustan.

Rustan berharap pandemi Covid-19 ini tak mempengaruhi pelayanan publik, dengan terus berinovasi dan meningkatkannya dengan menyusun strategi yang lebih komprehensif dalam implementasi kebijakan inovasi di semua sektor.

“Saya berharap warga tetap mendukung upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan publik yang baik dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan. Bila perlu selalu membaca hand sanitizer,” ujar Rustan.

Baca juga: Pemkot Jayapura tingkatkan pantauan kontak pasien Covid-19

Baca juga: Pemprov Papua kembali berlakukan bekerja dari rumah

Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Frans Pekey, mengatakan setiap upaya yang diambil dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini harus dimaknai sebagai bentuk tanggung jawab dan perhatian pemerintah kepada masyarakat agar semuanya sehat.

“Saya rasa inovasi pelayanan publik dalam konteks reformasi birokrasi merupakan siklus alamiah bagi sebuah organisasi untuk menghadirkan pelayanan yang bisa menyasar semua kalangan masyarakat,” ujar Pekey.

Pekey berharap ASN di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura, Provinsi Papua terus berinovasi dan mengembangkan pelayanan baik dalam bentuk online dan offline sehingga masyarakat dapat terlayani.

“Tetap patuhi protokol kesehatan demi kesehatan kita semua supaya kita bisa beraktivitas dengan normal tanpa ada gangguan seperti wabah Covid-19 saat ini. Pelayanan online bisa melalui aplikasi teknologi informasi dan media sosial sehingga tidak ada lagi alasan tidak produktif. Itu tuntutan kita sebagai ASN,” ujar Pekey. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Related posts

Leave a Reply