Papua No. 1 News Portal | Jubi
Merauke, Jubi – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Merauke akan melakukan pelayanan e-KTP tahun depan secara mobile, dari satu kampung ke kampung lain. Itu bertujuan agar masyarakat di kabupaten di wilayah selatan Papua tersebut tak harus menghabiskan biaya dan waktu untuk pergi ke kantir Dusdukcapil yang berada di kota Merauke.
“Ini adalah program kami dan tahun depan, dipastikan akan direalisasikan,” ujar Kepala Disdukcapil Kabupaten Merauke, Paino, kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (16/12/2021).
Untuk pelayannan e-KTP ke kampung-kampung, jelas Paino, akan didukung dengan satu unit mobil yang khusus melayani masyarakat, agar perekaman sekaligus pembuatan identitas diri itu dilakukan di tempat, sekaligus membantu masyarakat.
Intinya, menurut dia, sistem jemput bola diterapkan, dimana masyarakat dilayani langsung sekaligus agar mereka tak harus jauh-jauh datang ke kota dan menunggu untuk pengurusan e-KTP serta dokumen kependudukan lain.
“Tugas dan tanggung jawab pemerintah adalah harus melayani dengan cara sistem jemput bola. Dimana turun langsung ke kampung-kampung melakukan perekaman agar masyarakat bisa memiliki dokumen kependudukan itu, karena manfaatnya sangat besar untuk berbagai urusan,” katanya.
Baca juga: Disdukcapil Merauke layani dokumen kependudukan 18 pasutri
Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, beberapa waktu lalu menegaskan banyak warga di kampung-kampung di kabupaten yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Papua Nugini tersebut belum memiliki e-KTP. Untuk itu, Disdukcapil harus turun langsung ke kampung melayai mereka.
“Tentunya banyak pertimbangan masyarakat tak bisa ke kampung. Jadi bagaimanapun juga mereka harus dilayani di kampung. Karena identitas berupa e-KTP sangat penting untuk berbagai urusan penting,” ungkapnya. (*)
Editor: Dewi Wulandari