Dinas Kesehatan Kota Jayapura gencarkan pelayanan kesehatan bergerak

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari. - Jubi/Ramah
Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dinas Kesehatan Kota Jayapura terus menggencarkan pelayanan kesehatan bergerak masyarakat di lima distrik di Kota Jayapura, Papua untuk penanggulangan penyakit. Pelayanan kesehatan bergerak itu melibatkan dokter spesialis untuk turun dan berkeliling mendatangi warga Kota Jayapura.

Read More

Hal itu dinyatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura Ni Nyoman Sri Antari di Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (11/4/19). “(Pelayanan kesehatan bergerak) itu dilakukan dengan tujuan untuk membangun kesehatan masyarakat,” ujar Ni Nyoman.

Ia menyatakan pelayanan kesehatan bergerak hanya bisa berjalan baik jika Dinas Kesehatan Kota Jayapura bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan. “Artinya, harus bersinergi sehingga bisa membangun pelayanan dibidang kesehatan dengan optimal,” tuturnya.

Menurut Ni Nyoman pelayanan kesehatan bergerak selalu melibatkan dokter spesialis, demi mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Langkah itu ditempuh karena Ni Nyoman pelayanan di Pusat Kesehatan Masyarakat (puskesmas) belum maksimal.

“Kunjungan puskesmas di Kota Jayapura fluktuatif. Kadang jumlah warga yang datang berobat ke puskemas bisa mencapai lebih dari 200 orang per hari. Pelayanan kesehatan di puskesmas belum berhasil dengan baik, karena selain memberikan pelayanan kesehatan, puskesmas juga harus melakukan upaya promotif dan preventif,” katanya.

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru sarana dan prasarana pelayanan kesehatan di Kota Jayapura telah memadai dan menerapkan layanan 24 jam. Rustan juga menyatakan kompetensi paramedis di setiap puskemas juga dibenahi. Akan tetapi, Rustan menilai pelayanan kesehatan yang langsung mendatangi rumah warga tetap penting. “Sudah menjadi tugas kami dengan cara turun di lapangan untuk melakukan pelayanan,” jelasnya.

Meski menggencarkan pelayanan kesehatan bergerak, Rustan menilai kinerja petugas di 14 Puskesmas sudah cukup baik. Ia menyatakan hingga kini belum ada keluhan masyarakat terkait pelayanan di puskesmas. “Kami berkomitmen untuk mendekatkan akses pelayanan dengan masyarakat sehingga warga di Kota Jayapura benar-benar sehat,” ungkapnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Related posts

Leave a Reply