Bisnis kurir di Jayapura tergenjot belanja online

Foto ilustrasi, jasa kurir. - pixabay.com
Foto ilustrasi, jasa kurir. – pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Menjamurnya layanan belanja daring atau online di  berbagai daerah di Kota Jayapura, Papua, berbanding lurus dengan kebutuhan layanan kurir yang turut menjamur. Bukan hanya membuat pelaku baru bisnis kurir bermunculan, geliat bisnis daring juga membuat PT Pos Indonesia menawarkan layanan baru.

Read More

Salah satu pemain baru dalam bisnis kurir di Jayapura adalah Barokah Kamilah Courier. Pemilik Barokah Kamilah Courier, Riaji mengemukakan bisnis kurir adalah layanan jasa yang wajib menjaga kepercayaan.

Riaji juga merawat konsumen jasanya dengan menjelaskan aturan main layanan jasanya secara terang. “Amanah dan tak diburu waktu, waktu kerja jelas, besaran paket jelas. Pada intinya, kami memberikan pengetahuan seluruh hak dan kewajiban di awal [hubungan kerjasama kami],” ujarnya.

Riaji kini telah memiliki sekitar 30 pedagang daring yang secara rutin memakai jasanya untuk berkirim dagangan seperti makanan ataupun paket lainnya. Riaji mematok biaya jasa pengiriman antara Rp10 ribu hingga Rp20 ribu untuk setiap paket yang dikirimkan. Layanan Barokah Kamilah Courier kini mulai merambah Kabupaten Jayapura.

Gurihnya bisnis berkirim paket belanja daring membuat PT Pos Indonesia tergiur. PT  Pos Indonesia Jayapura telah meluncurkan layanan Q9 di Jayapura, yang menjanjikan seluruh paket belanja daring terkirim dalam sembilan jam.

Kepala PT Pos Indonesia Jayapura, Alex Nitalessy mengatakan layanan Q9 merupakan bentuk transformasi bisnis PT Pos Indonesia untuk menyesuaikan dengan kebutuhkan konsumennya. Nitalessy menyebut Q9 telah menjadi salah satu pilihan utama pelaku perdagangan daring di Kota Jayapura, karena menjanjikan waktu pengiriman yang singkat.

“Sampai saat ini sudah [ada sekitar] 200 toko daring [yang memakai layanan Q9 di Jayapura]. Untuk bisa bersaing, kami menawarkan layanan pengambilan paket di rumah penjual,” kata Nitalessy.

PT Pos Indonesia sendiri tetap mempertahankan keunggulan utamanya untuk melayani jasa pengiriman paket ke seluruh wilayah Indonesia. Nitalessy mengungkapkan layanan pengiriman antar kota diminati sejumlah pemain besar perdagangan daring di Jayapura. Di antara para pemain besar itu termasuk, Batik Papua, Noken, Sambal Baba, dan Kopi Papua.

“Kami juga mempertahankan keunggulan [lama kami] untuk mengirimkan paket ke seluruh wilayah Indonesia. Ini untuk dipasarkan kepada pembeli di luar Papua, dengan pengiriman melalui Kantor Pos,” ujarnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Related posts

Leave a Reply