TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Jadi pelatih Persimer, Eduard Ivakdalam ‘boyong’ 7 pemain PON Papua

Papua-Eduard Ivakdalam
Eduard Ivakdalam sedang diwawancarai usai melakukan pertemuan dengan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, Kamis (4/11/2021) – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi Eduard Ivakdalam, pelatih tim sepakbola PON Papua yang telah mengantar kesebelasan dari Bumi Cenderawasih meraih medali emas pada PON XX, resmi menjadi pelatih Persatuan Sepakbola Indonesia Merauke (Persimer). Edu, demikian panggilan akrabnya, dipastikan akan memboyong tujuh pemain PON Papua ke Bumi Animha.

Hal ini teruangkap usai pertemuan kedua antara Edu dengan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, di sebuah hotel di Kota Jayapura, Kamis (3/11/2021).

Dalam pertemuan itu, ada beberapa hal penting dibicarakan, sehubungan  persiapan tim Persimer menuju ke Liga 3 yang akan digelar dalam waktu dekat.

Saat ditemui Jubi usai bertemu Bupati Mbaraka, Eduard Ivakdalam menjelaskan pihaknya telah memastikan sebagai pelatih Persimer.

“Sudah saya bicara banyak dengan Bapak Bupati Merauke dan pasti saya melatih Persimer sekaligus persiapan menuju Liga 3 yang akan segera berlangsung,” ujarnya.

Dikatakan, waktu menuju Liga 3 sudah sangat mepet.

“Saya meminta juga kepada Bapak Bupati Merauke memfasilitasi kita punya persiapan tim Persimer dari awal dan itu direspons sangat positif,” ujarnya.

“Bagaimanapun juga kita harus mempunyai target, karena itu merupakan komitmen saya. Jadi ada sesuatu yang harus dicapai dan dikejar,” katanya.

Edu mengaku sebanyak tujuh tim PON Papua akan dibawa ke Merauke untuk masuk dalam kerangka tim Persimer. Dalam satu atau dua hari ke depan, ia akan kembali ke Merauke melakukan seleksi pemain dari setiap klub di Merauke agar digabungkan dengan tim sepak bola Papua.

“Ya, nanti ada beberapa pemain lagi dibawa dari Jayapura yang selama ini sudah berpengalaman di Liga 3. Mereka bisa bergabung  bersama di Persimer nanti,” jelasnya tanpa menjelasakan detail siapa saja yang akan dibawa untuk bergabung dengan Persimer.

Papua-Eduard dan Bupati Merauke
Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, sedang diskusi dengan Eduard Ivakdalam, pelatih tim PON Papua, Kamis (4/11/2021) – Jubi/Frans L Kobun

Menyangkut kerangka tim, Eduard mengaku harusnya kuota pemain 35 orang. Hanya dirinya ingin melakukan perampingan dengan hanya menyiapkan 25 pemain. Kalau terlalu banyak pemain, katanya, nanti kontrolnya agak susah.

Selain itu, demikian Eduard, tak membebankan biaya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke. Lalu dana yang dikeluarkan, harus optimal dimanfaatkan untuk tim Persimer selama latihan hingga bertanding.

Untuk penjaringan klub di Merauke, pihaknya pasti melakukan komunikasi bersama para pelatih di sana. Para pelatih  bisa mengirimkan pemain yang memiliki skill bagus, mengingat waktu sangat mepet menuju ke Liga 3.

“Satu klub cukup mengirim dua pemain, tetapi yang memiliki kualitas baik dan  tinggal saja dipoles lagi. Jadi saya meminta pelatih klub mengirim dua pemain terbaik dengan memperhatikan usia maupun kualitasnya,” pinta dia.

Dalam kesempatan itu, Eduard menyampaikan ucapan terima kasih kepada Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Cabang Merauke maupun kepengurusan Persimer yang memberikan dukungan penuh untuk segera disiapkan kerangka tim Persimer menuju Liga 3.

Baca juga: Eduard Ivakdalam dipastikan akan melatih Persimer

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, mengakui telah melakukan pertemuan kedua bersama Eduard Ivakdalam. Pertemuan pertama di Merauke dan kali ini di Jayapura, dan sejauh ini Eduard menyatakan kesediaan sebagai pelatih Persimer.

“Jadi tidak ada persoalan lagi. Tinggal saja dilakukan perekrutan pemain untuk bergabung di tim Persimer,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us